Cara membuat blog baru gratis 2015

Cara membuat blog baru gratis 2015 – cara ini adalah cara gratis dalam membuat blog baru atau website di blogger dengan mudah dan cepat. Contohnya pada blog ini di buat dengan blogger yang memiliki sub domain anjastensrud.blogspot.com. Lalu apa pengertian blog? Blog adalah bentuk dari sebuah aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan dengan dilengkapi foto atau video pada halaman web. Blog pertama kali di populerkan oleh blogger.com dengan pendirinya adalah Pyra Labs sekitar tahun 2002 silam.

Membuat blog adalah seni dengan segala aktivitas mulai dari menentukan sub domain, merawat, mengisi dengan konten berkualitas hingga mempercantik blog tersebut. Dengan blog kita dapat menyalurkan hobi dalam hal menulis dan tulisan tersebut dapat di lihat oleh orang banyak. Kita dapat menulis sesuatu, bisa dari hobi atau mengikuti passion kita misalkan kita senang memasak berarti kita membuat blog dengan tema memasak, tutorial memasak atau seputar resep makanan. Banyak ide yang di dapat dalam menentukan tema blog yang kita inginkan. Tetapi blog yang di bangun dengan di dasari hobi dan kesenangan mampu menumbuhkan rasa senang dan tidak mudah bosan merawat blog kita tersebut.

Cara membuat blog di blogger.com sangatlah mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Blogger.com adalah penyedia layanan gratis dalam pembuatan blog. Sebenarnya banyak sekali platform penyedia sejenis seperti blogger sebut saja wordpress, blogdetik, tumblr, hubpages dan lainnya. Saat ini blogger telah di akuisisi oleh google dari Pyra Labs pada tahun 2002 silam. Dengan akuisisi ini sekarang blogger banyak menglami berbagai perubahan seperti terlihat jelas dari segi tampilan dashboard bloggernya dan asiknya sekarang kita bisa mengganti sub domain menjadi domain TLD (Top Level Domain). Contoh dari blogkamu.blogspot.com menjadi blogkamu.com.

Persiapan Sebelum Membuat Blog Baru Di Blogger


Bagaimana cara membuat blog gratis di blogger? Sebelum kita membuat kita harus mempersiapkan terlebih dahulu beberapa hal berikut:
  • Email Gmail (prioritas utama)

Sangat kita perlukan untuk masuk ke blogger. Dengan akun email dari Google kita akan otomatis masuk ke layanan blogger. Untuk masuk ke blogger kita sign in sama seperti masuk Gmail dangan passwordnya yang sama.
  • Tentukan nama blog (opptional – tambahan)

Persiapkan terlebih dahulu nama yang akan di pakai sebagai alamat atau domain kita nanti. Pakailah nama yang mudah di ingat dan unik agar orang mudah mengingat dan mudah mencarinya.

Sebenarnya menentukan nama subdomain kita bebas menentukannya boleh juga memakai nama kita, yang terpenting adalah dapat dengan mudah diingat oleh orang lain. Sering kali nama sub domain yang bagus sudah banyak di gunakan oleh orang lain. Kita bisa menambahkan juga angka pada subdomain tersebut di blogger nanti. 

Untuk cara buat blog gratis di blogger.com ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah Cara Membuat Blog Gratis di blogger.com

  • Buka browser. Dapat menggunakan Chrome, Fire fox, Opera atau Explorer bawaan Windows.
  • Ketik dan buka situs www.blogger.com
  • Sing in menggunakan akun email yang sudah di buat terlebih dahulu harus menggunakan email dari Gmail. Ketikan email dan password yang sama dengan sign in di Gmail.
Cara membuat blog baru gratis 2015

  • Lalu Klik masuk (jika berbahasa indonesia) atau klik Sign In (jika berbahasa inggris)
  • Setelah itu akan tampil halaman baru, yaitu akun email atau akun Googl+ Anda. Langsung aja klik “Lanjutan Ke Blogger”

Cara membuat blog baru gratis 2015

  • Pada halaman berikut Anda sudah masuk ke blogger.com. Langsung saja klik “Blog Baru” untuk memulai membuat blog.
Cara membuat blog baru gratis 2015


  • Akan tampil tab pendaftaran pembuatan blog. Mulai mengisi “Judul”, Alamat “Sub domain” dan pemilihan theme dasar dari blogger.
panduan buat blog gratis terbaru 2015


Keterangan :
  1. Judul : Tentukan judul dari blog Anda
  2. Alamat : Menentukan url subdomain Anda, disini sebagai alamat blog Anda di internet.
  3. Pastikan subdomain yang Anda inginkan masih tersedia, jika subdomain sudah di pakai orang lain maka carilah lagi subdomain lain. Sampai tanda centang biru muncul itu berarti menandakan domain dapat kita gunakan. Lihat no 3 pada gambar di atas.
  4. Theme : Pilih theme default blogger sesuai selera Anda. Anda dapat mengganti theme tersebut, sangat banyak sekali template keren yang bisa Anda gunakan dan dapat Anda cari di Internet.
  5. Langkah Terakhir adalah klik “Buat Blog”
  6. Sekarang blog Anda selesai dibuat, walaupun belum diisi artikel atau tulisan.
  7. Langkah terakhir kita lihat blog tersebut yang kita buat tadi. Silahkan klik “Lihat blog” atau tuliskan alamat subdomain tadi di address bar pada browser Anda. Dan selesai blog Anda sudah jadi.

Cara membuat blog baru gratis 2015

Selamat Anda sudah selesai membuat blog gratis di blogger. Anda sudah dapat menulis di blog, dapat menampilkan foto, menyisipkan video dari youtube dan lainnya. Anda sudah tidak sabar untuk segera menulis di blog baru Anda? Silahkan baca artikel kami masih lanjutan dari artikel ini, Seperti :
  1. Mengenal dahsboard pada blogger
  2. Cara Mengatur Setelan Dasar Pada Blogger
  3. Menulis posting atau artikel di blog


Cara membuat blog gratis di blogger memang sangat mudah namun yang sulit adalah merawat dan mengisi blog tersebut dengan artikel yang bermanfaat dan konten original. Sering kali semangat ngeblog cuma di bulan-bulan pertama terus dibulan berikutnya mulai malas dan blog tersebut lantas ditinggalkan. Coba lihatlah orang yang sudah sukses lewat blog mereka sudah menghasilkan puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah hanya dari blog. Dengan melihat orang lain yang terlebih dahulu sukses di blog, rasanya kita akan tetap semangat dalam menjalani aktivitas blogging atau ngeblog tersebut. Terima kasih sudah menyempatkan membaca posting dengan judul cara membuat blog baru gratis 2015.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Cara membuat blog baru gratis 2015"

Terima kasih Gan...sangat bermanfaat.
sudah saya terapkan tipsnya di www.rumahdaerahbandung.com

thx gan. sangan membantu bagi yang belum terlalu paham seperti saya hehe. saya baru buat blog nih kunjungi yah vanoverhelsing.blogspot.co.id

 
Copyright © 2014 Berbagi Bersama - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia