E-Book PAKEMATIK Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK

E-Book PAKEMATIK Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK - Untuk menciptakan atau mendorong pembelajaran berkualitas perlu adanya inovasi-inovasi dari segi pembelaran. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pendekatan pembelajaran yang terfokus pada peserta didik. Salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan pembelajaran PAKEMATIK (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (TIK) )

Pakematik merupakan pengembangan strategi pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) yang lebih dulu dikenal di dunia pendidikan di Indonesia. Perbedaannya hanyalah pada pemanfaatan atau integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran untuk mendukung proses "Pembelajaran Aktif" (Active Learning)" dengan tujuan utama meningkatkan kualitas pembelajaran. Jadi, kunci utamanya adalah pada pembelajaran aktfinya bukan pada pengetahuan teknis mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) karena perangkat TIK hanya akan menjadi media pendukung pembelajaran.

E-Book PAKEMATIK Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK

 

PAKEMATIK Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK


Implementasi PAKEM secara singkat digambarkan dalam buku pelatihan awal program MBS kerja sama Pemerintah Indonesia dengan UNESCO dan UNICEF, yaitu :
1. Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat (learning to do)
2. Guru menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sevagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan, dan cocok bagi siswa.
3. Guru mengatur kelas dengan memajang buku-buku dan bahan ajar yang lebih menarik dan menyediakan "pojok baca"
4. Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk belajar kelompok
5. Guru mendorong siswa untuk menemukan cara sendiri dalam pemecahan suatu masalah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkan siswa dalam menciptakan lingkungan sekolahnya.

E-Book PAKEMATIK Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK


Download E-Book PAKEMATIK Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK di sini :


Demikian, semoga E-Book PAKEMATIK ini dapat digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran TIK di sekolah.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "E-Book PAKEMATIK Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK"

 
Copyright © 2014 Berbagi Bersama - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia