Panduan Penyusunan KTSP Berbasis Kurikulum 2013 Untuk SMP

Buku Panduan Penyusunan KTSP


Panduan Penyusunan KTSP Berbasis Kurikulum 2013 Untuk SMP - Materi penyusunan KTSP berbasis kurikulum 2013 terdiri atas beberapa bagian, yaitu 1) Latar belakang pengembangan kurikulum, meliputi: konsep kurikulum, rasional pengembangan, karakteristik kurikulum, dan kerangka dasar kurikulum. 2) Tujuan, meliputi: tujuan pengembangan, tujuan pendidikan, visi dan misi, dan tujuan SMP. 3) Struktur dan muatan kurikulum, meliputi: struktur kurikulum, mata pelajaran, beban belajar, mulok, ekstrakurikuler, dan pembiasaan. 4) Pelaksanaan, meliputi: sistem paket/sks, pembelajaran, bimbingan dan konseling, penilaian hasil belajar, penilaian hasil belajar, peminatan, dan pendidikan kepramukaan. 5) Lampiran, meliputi: kalender akademik, pembagian tugas guru, tata tertib guru dan siswa, contoh model silabus, dan contoh RPP.



Kurikulum 2013 dilakukan penguatan tata kelola sebagai berikut.
a. Penguatan tata kerja guru lebih bersifat kolaboratif;
b. Penguatan manajeman sekolah melalui penguatan kemampuan manajemen kepala sekolah sebagai pimpinan kependidikan (educational leader); dan
c. Penguatan sarana dan prasarana untuk kepentingan manajemen dan proses pembelajaran.

Panduan Penyusunan KTSP Berbasis Kurikulum 2013 Untuk SMP


Tujuan KTSP
KTSP memberi luang kepada pihak sekolah dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan mengenai pengembangan dan penyelenggaraan pendidikan di tingkat sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Struktur Kurikulum

1. Kompetensi Inti
Kompetensi Inti Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik SMP/MTs pada setiap tingkat kelas. Kompetensi inti dirancang untuk setiap kelas. Melalui kompetensi inti, sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antarmata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula.

Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Panduan Penyusunan KTSP 2017

Lebih lanjut silahkan download Panduan Penyusunan KTSP Berbasis Kurikulum 2013 Untuk SMP melalui link di bawah ini :


Download administrasi lain :

Pencarian terkait :
panduan penyusunan kurikulum 2013 bsnp, acuan operasional kurikulum 2013, panduan penyusunan kurikulum 2013 pdf, urutan hirarkis kurikulum 2013 bertujuan untuk, bsnp kurikulum 2013 pdf, tujuan urutan hirarkis kurikulum 2013, panduan penyusunan ktsp 2017, panduan penyusunan ktsp bsnp pdf

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Panduan Penyusunan KTSP Berbasis Kurikulum 2013 Untuk SMP"

 
Copyright © 2014 Berbagi Bersama - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia