MAKALAH MODEL, PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, DAN MEDIA PEMBELAJARAN

MAKALAH MODEL, PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, DAN MEDIA PEMBELAJARAN Assalamualaikum wr wb sahabat pembaca setia blog makalahku18 ,kali ini kami akan sedikit berbagi tentang makalah yang berjudul MAKALAH MODEL, PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, DAN MEDIA PEMBELAJARAN Langsung saja lihat bahasan apa saja yang ada didalam nya pada ulasan dibawah ini



BAB I
PENDAHULUAN

  A.   Latar Belakang

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Lingkungan belajar merupakan suatu sistem yang terdiri dari unsur tujuan, bahan pelajaran, alat, siswa dan guru. Semua unsur atau komponen tersebut saling berkaitan, saling mempengaruhi dan semuanya berfungsi dengan berorientasi pada tujuan. Seperti telah kita ketahui bahwa tugas utama guru ialah mengajar yang berarti membelajarkan siswa untuk mencapai tujuan tertentu atau kompetensi. Tujuan atau kompetensi itu telah dirumuskan dalam kurikulum yang berfungsi sebagai pedoman pelaksanaan proses pembelajaran.

Dalam  proses pembelajaran yang menjadi persoalan pokok ialah bagaimana memilih dan menentukan strategi pembelajaran. Strategi belajar mengajar menentukan jenis interaksi di dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran yang di gunakan harus menimbulkan aktivitas belajar yang baik, aktif, kreatif, efektif dan efesien, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.

Dalam mengajar diperlukan suatu variasi. Dalam pengembangan variasi mengajar tentu saja tidak sembarangan tetapi ada tujuan yang hendak dicapai. Selain itu metode mengajar juga diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar. Metode mengajar adalah suatu cara atau jalan yang harus dilalui di dalam mengajar. Metode mengajar mempengaruhi belajar, metode mengajar guru yang kurang baik akan mempengaruhi belajar siswa yang tidak baik pula.

Dalam mengajar hendaknya guru menggunakan lebih dari satu metode. Dengan menguasai teori belajar mengajar peserta didik dapat mengikuti pelajaran dengan baik bahkan dapat memotivasi anak didik untuk berminat belajar matematika. Teori belajar mengajar matematika yang dikuasai para tenaga pendidik akan dapat diterapkan pada peserta didik jika dapat memilih strategi belajar mengajar yang tepat.


1.         Apakah pengertian  strategi belajar mengajar ?
2.         Bagaimana kedudukan SBM dalam sistem pengajaran?
3.         Apakah perbedaan antara strategi,metode dan teknik pembelajaran ?


Pembuatan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika, dan agar calon guru mampu memahami apa itu strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran, serta mengetahui pengertian antara model, pendekatan, strategi, teknik dan media pembelajaran dalam proses pembelajaran.


BAB II
URAIAN

  A.   Model Pembelajaran

Dalam proses pembelajaran dikenal istilah model pembelajaran. Menurut Sudrajat (2008) Model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru.
Gunter et al (1990) mendefinisikan an instructional model is a step-by-step procedure that leads to specific learning outcomes. Joyce & Weil (1980) mendefinisikan model pembelajaran sebagai kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pembelajaran. Dengan demikian, model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar.
Jadi, model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
Oemar Hamalik (2010) menyatakan bahwa ada 4 (empat) kelompok model pembelajaran, yaitu:
(1) model interaksi sosial ;
(2) model proses informasi;
(3) model personal; dan
(4) model modifikasi tingkah laku.

Sudrajat (2008) membuat ilustrasi posisi hierarkis dari masing-masing istilah tersebut sebagai berikut:

Selengkapnya dapat saudara unduh dan baca pada link dibawah ini


  Baca dan download juga :

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "MAKALAH MODEL, PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, DAN MEDIA PEMBELAJARAN"

 
Copyright © 2014 Berbagi Bersama - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia