Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Email

Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Email Email dalam bahasa Inggris adalah electronic mail yang merupakan sarana untuk mengirim pesan atau surat, mengirim file, foto, video dan data yang lainnya. Email merupakan aplikasi yang sudah berkembang pesat didunia maya atau internet. Email sangat di butuhkan dalam menunjang kegiatan kita dalam berinteraksi di dunia maya. Seperti contoh kita akan mendaftar Facebook baru, otomatis kita membutuhkan yang namamya Email ini yang menjadi syarat utama mendaftar facebook. Contoh lain seperti mendaftar akun Twitter, Flickr, Tumblr, Youtube dan lain sebagainya.

Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Email


Dalam perkembangannya saat ini sebagian besar orang sudah memiliki email. Kenapa saya beranggapan seperti itu? Karena setiap orang yang memiliki akun facebook pasti dia memiliki akun email serta dalam perkembangan handphone pun saaat ini membutuhkan akun email untuk menikmati fasilitas tambahan di handphone tersebut. Sebut saja di handphone yang berbasis Android dan Lumia. Kedua platform tersebut mewajibkan penggunanya untuk memiliki email.

Email itu sarana yang sangat praktis, cepat, gratis dan efisien. Dimana menggunakan email sangat memudahkan kita dalam mengirim pesan atau file yang penerimaannya mencakup seluruh dunia. Dengan catatan si pengirim memilik alamat email tujuan dan si penerima email juga mempunyai email yang valid. Proses Email yang dikirimkan dari email Anda, akan terkirim dengan cepat ke alamat si penerima email. Ibarat kita mengirim SMS pada Handphone kita musti mempunyai nomor tujuan, isi dari SMS tersebut dan si penerima SMS mempunyai nomor yang aktif. Seketika itu juga si penerima SMS akan menerima pesan yang kita kirimkan.
Lalu berapa ongkos yang kita keluarkan dalam menggunakan sarana email ini? 
Email sebenarnya terbagi dalam 2 kategori ada yang gratis dan ada yang berbayar. Email yang gratis kita hanya mengeluarkan biaya untuk mengakses email tersebut, seperti biaya internet atau paket data/modem. Email gratis banyak di sediakan oleh perusahan besar internet seperti Google, Yahoo, dan Microsoft.  Email yang gratis seperti  gmail, yahoomail, rocket dan outlook. Contoh alamat emailnya adalah seperti rifai1992@gmail.comatau rafa.contact@yahoo.co.id.

Email yang berbayar atau premium adalah di khususkan untuk kita yang membutuhkan kepercayaan orang dan mementingkan profesionalisme. Email banyak di sediakan oleh penyedia hosting lokal maupun luar, contoh seperti di dapurhosting.com atau di idwebshost.com.  Contoh email yang di gunakan untuk bisnis atau usaha, misalkan kita mempunyai produk dengan brands makanan ringan ‘pelangi’ berarti alamat emailnya adalah contactproduct@pelangi.com  . Kenapa ini di sebut email bisnis atau premium? Karena email  @pelangi.com unik dan hanya di miliki oleh perusahaan pelangi tersebut. Biaya yang dikeluarkan tergantung dari penyedia hosting email tersebut. 

Fungsi dan Kegunaan Email


1. Email Untuk Sarana Berkomunikasi

Email sangat memudahkan kita dalam berkomunikasi. Kita bisa mengirimkan email dalam cakupan yang luas. Email mencakup  pengiriman berupa pesan atau file dan mengirimkannya ke penerima, seketika itu si penerima menerima pesan yang dikirim lalu mengirimkan pesan balik ke pengirim dan begitu seterusnya dan akan tercipta komunikasi seperti halnya SMS pada Handphne.

2. Email Sarana Pengiriman Yang Tepat

Dengan menggunakan Email kita dapat mengirimkan file atau data dengan cepat ke seluruh dunia. Kita juga dapat mengirimkan email ke banyak penerima dalam waktu yang relatif singkat dan cepat. Email menjadi alat utama dalam hal efisiensi pengiriman dan penghematan biaya.

3. Email Sebagai Media  Promosi

Email sangat cocok untuk digunakan berpromosi secara online. Promosikanlah produk kita melalui email. Kita harus mendata email consumer kita, dengan adanya  email kita leluasa untuk memberitahukan produk atau penawarann kita secara masal.

4. Email menjadi sarana pemberitahuan

Kita bisa memanfaatkan email sebagai sarana pemberitahuan  informasi yang kita butuhkan. Seperti halnya kita mencari informasi lowongan kerja. Dengan email kita bisa daftarkan misalkan di  situs A mengenai lowongan kerja, dengan kita berlangganan feeburner di situs tersebut otomatis kita akan mendapat pemberitahuan secara berkala ketika situs tersebut mengupdate kontennya.

5. Email Sebagai Kontak

Email sebagai alat kontak yang bisa di hubungi oleh konsumen atau teman Anda. Seperti halnya nomor telepon sebagai kontak yang bisa dihubungi, begitu juga email dapat kita gunakan sebagai sarana kontak tambahan selain nomor telepon yang kita pakai.

6. Email Sebagai Syarat Pendaftaran Media Sosial atau Situs

Dalam perkembangnya email menjadi syarat mutlak yang harus kita miliki. Sebagai contoh yang sudah di utarakan di atas, ketika kita hendak membuat akun baru facebook yang dibutuhkan adalah email, walaupun mendaftar facebook saat ini sudah bisa dilakukan dengan nomor telepon. Tapi tetap saja email akan menjadi  syarat utama untuk mendaftar facebook karena nomor telepon hanya pengecualian pendaftaran  jika kita tidak memiliki akun email dan hanya sekedar verikasi saja. Itupun hanya bisa di gunakan di facebook versi mobile atau aplikasi facebook di handphone.


Email ketika kita mendaftarkan di salah satu situs biasanya email untuk verifikasi pendaftaran yang sudah kita lakukan. Dan biasanya email yang sudah kita daftarkan akan otomatis berlangganan atau subcribe pemberitauhan dari situs tersebut dan ada juga yang tidak tergantung dari pengaturan privasi situs tersebut.

Cara Membuat Email Google dan Yahoo Terbaru 2015

Setelah Anda memahami dan mengerti fungsi dasar email. Kita akan segera mempratekkan cara membuat email terbaru 2015Kita akan mencoba membuat akun email dari Google terlebih dahulu. Untuk panduannya kami telah membuat video di Youtube dengan judul Cara Membuat Email Google Terbaru 2015, untuk videonya tampak seperti di bawah ini :


Di video kedua di bawah ini adalah panduan untuk membuat akun email yahoo. Kami telah membuat video dan dapat di tonton di youtube dengan judul Cara Daftar Email Yohoo Mudah dan Terbaru. Untuk video seperti di bawah ini :



Ternyata membuat akun email tidak terlalu susah dan dapat di lakukan dengan cepat dan  mudah. Baca postingan kami terdahulu seperti Download Software Aplikasi Komputer Ccleaner Terbaru 2015 hanya di blog ini. Rangkuman dari posting ini adalah tentang email yang meliputi pengertian email, Fungsi dan kegunaan email dan cara membuat email.
Terima kasih sudah membaca artikel Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Email.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Email"

Makasih ilmunya sangat membantu gan!

 
Copyright © 2014 Berbagi Bersama - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia